Minggu, 29 Juli 2012

TUGAS KE VII


TUGAS KE VII
INTERNET
OLEH:SITI SAADAH
NIM:11868024
PASCASARJANA STKIP GARUT·          

Mengakses  Internet
1.Instalasi modem pada Windows  XP
    Berikut ini dijelaskan langkah-langkah penginstalasian modem pada Windows XP
       a.Lakukan penyalaan computer sesuai dengan  SOP  yang  ada .
       b.Secara otomatis Windows  XP akan mendeteksi adanya modem pada computer.
       c. selanjutnya,akan muncul dialog seperti pada gambar berikut.Pilih opsi NO,not this time,
           kemudian klik tombol Nekt
       d.Kemudian,silahkan pilih opsi Install the software pendukung sudah masuk pada drive. Klik      
           tombol NEXT.
       e.lalu computer akan melakukan pencarian software pendukung pada drive yang ada.jika di
           temukan,maka akan muncul gambar berikut. Klik tombol Continue Anyway.
       f. tunggu sampai proses instalasi driver selesai klik tombol Finish.

INTERNET

TUGAS KE VII
INTERNET

OLEH: SITI SAADAH

NIM: 11868024

PASCASARJANA STKIP GARUT


·         Mengakses  Internet
1.Instalasi modem pada Windows  XP
    Berikut ini dijelaskan langkah-langkah penginstalasian modem pada Windows XP
       a.Lakukan penyalaan computer sesuai dengan  SOP  yang  ada .
       b.Secara otomatis Windows  XP akan mendeteksi adanya modem pada computer.
       c. selanjutnya,akan muncul dialog seperti pada gambar berikut.Pilih opsi NO,not this time,
           kemudian klik tombol Nekt
       d.Kemudian,silahkan pilih opsi Install the software pendukung sudah masuk pada drive. Klik      
           tombol NEXT.
       e.lalu computer akan melakukan pencarian software pendukung pada drive yang ada.jika di
           temukan,maka akan muncul gambar berikut. Klik tombol Continue Anyway.
       f. tunggu sampai proses instalasi driver selesai klik tombol Finish.

MULTIMEDIA

TUGAS KE VI
MULTIMEDIA

OLEH: SITI SAADAH

NIM: 11868024

PASCASARJANA STKIP GARUT


Multimedia adalah penggunaan komputer untuk mengakses software,teks suara gambar video.
Sistem Multimedia dapat dibagi menjadi:
1. Sistem Multimedia Stand Alone
Sistem ini berarti merupakan sistem komputer multimedia yang memiliki
minimal storage (harddisk, CD-ROM/DVD-ROM/CD-RW/DVD-RW), alat
input (keyboard, mouse, scanner, mic), dan output (speaker, monitor,
LCD Proyektor), VGA dan Soundcard.
2. Sistem Multimedia Berbasis Jaringan
Sistem ini harus terhubung melalui jaringan yang mempunyai
bandwidth yang besar. Perbedaannya adalah adanya sharing sistem
dan pengaksesan terhadap sumber daya yang sama. Contoh: video
converence dan video broadcast
Permasalahan: bila bandwidth kecil, maka akan terjadi kemacetan
jaringan, delay dan masalah infrastruktur yang belum siap.


Kamis, 26 Juli 2012

PEMROGRAMAN


Pemrograman adalah proses menulis, menguji dan memperbaiki (debug), dan memelihara kode yang membangun sebuah program komputer. Kode ini ditulis dalam berbagai bahasa pemrograman. Tujuan dari pemrograman adalah untuk memuat suatu program yang dapat melakukan suatu perhitungan atau 'pekerjaan' sesuai dengan keinginan si pemrogram (programmer). Untuk dapat melakukan pemrograman, diperlukan keterampilan dalam algoritma, logika, bahasa pemrograman, dan di banyak kasus, pengetahuan-pengetahuan lain seperti matematika.
Pemrograman adalah sebuah seni dalam menggunakan satu atau lebih algoritma yang saling berhubungan dengan menggunakan sebuah bahasa pemrograman tertentu sehingga menjadi sebuah program komputer. Bahasa pemrograman yang berbeda mendukung gaya pemrograman yang berbeda pula. Gaya pemrograman ini biasa disebut paradigma pemrograman.
Apakah memprogram perangkat lunak lebih merupakan seni, ilmu, atau teknik telah lama diperdebatkan. Pemrogram yang baik biasanya mengkombinasikan tiga hal tersebut, agar dapat menciptakan program yang efisien, baik dari sisi waktu berjalan (run time), atau memori.

Kamis, 12 Juli 2012


Pertemuan ke-4

Artikel Software


PROGRAM APLIKASI SOFTWARE
OLEH
SITI SAADAH
NIM: 11868024
PROGRAM PASCA SARJANA STKIP GARUT
ANGKATAN VI


Kategori selanjutnya adalah program aplikasi.setelah menginstal program sistem operasi atau  operating system pada computer,kita baru bias menginstal software aplikasi.software aplikasi ini sendiri bisa digolongkan menjadi beberapa kategori:
A.      APLIKASI PERKANTORAN
Software yang termasuk kategori aplikasi perkantoran diantaranya adalah:
1.       Microsoft office sesuai dengan namanya Microsoft office adalah program yang di keluarkan oleh Microsoft Corp.Microsoft office terdiri dari beberapa software  yaitu  Microsoft word,Microsoft  Excel, Microsoft Power  Point,Microsoft Acces dan Microsoft Publisher
2.       Open Office
Open Office adalah software aplikasi perkantoran yang biasa dipakai dalam system operasi Linux,tapi sebenarnya Open Office bisa juga dipakai pada system operasi Windows.software yang disertakan didalamnya sama seperti Microsoft Office.
3.       Star  Office
Star Office adalah program aplikasi perkantoran yang hampir sama dengan Microsoft Office hanya yang mengeluarkan adalah Sun Microsystem.


B.       APLIKASI MULTIMEDIA
Aplikasi multimedia adalah software yang bisa kita pakai untuk mendengarkan musik,menonton film dan juga untuk melihat foto atau gambar. Contoh software multimedia adalah:

1.       Windows Media Player
Adalah software yang sudah disertakan dalam software system operasi Windows dengan Media Player kamu bisa mendengarkan lagu yang kamu sukai atau menonton film terbaru.
2.       Winamp
Winamp adalah software aplikasi multimedia yang dipakai untuk mendengarkan lagu-lagu favorit kita.dan juga dapat untuk menonton film.
3.       Power DVD
Software ini dipakai untuk menonton film favorit kamu.bisa dari VCD ataupunDVD, bisa juga dari film yang sudah tersimpan di Flashdisk ataupun  Hardisk.

C.      APLIKASI DESAIN GRAFIS
Adalah software yang biasa digunakan untuk mendesain gambar ataupun tulisan yang dipergunakan untuk keperluan periklanan,percetakan dan sebagainya.Contohnya antaralain:
1.       Corel Draw
Adalah software pengolah gambar berbasis vector yang umum digunakan pada percetakan dan periklanan.biasanya untuk mendesain Undangan,Brosur,Nota, Banner,Spandukdan sebagainya.
2.       Adobe Photosop
Adalah software pengolah gambar berbasis bitmap.Adobe Photosop bisa kamu gunakan untuk mengolah foto,mengedit,membuat logo dan lain sebagainya.
3.       Adobe Pagemaker dan  Adobe Indesign
Adobe Pagemaker adalah software pengolah kata dan gambar.biasanya digunakan untuk mendesain tata letak majalah atau Koran versi terbarunya menjadi Adobe Indesign
D.      APLIKASI TEKNIK
Adalah software yang biasa digunakan untuk bidang teknik seperti teknik menggambar desain bangunan dan bidang desain lainnya.contoh software teknik adalah Autocad. Contoh tampilan Autocad .i





  
 
 




Pertemuan ke-2

Artikel Pendidikan



PENDIDIKAN
Di lingkungan pendidikan biasanya permasalahan - permasalahan timbul karena system pendidikan yang diterapkan tidak sesuai dengan keadaan lingkungan atau dengan keadaan pra sarana yang tidak memungkinkan. Pendidikan formal terbatas sedangkan non  formal tidak terbatas, usia boleh tua fisik boleh renta namun semangat tidak boleh padam. Itu prinsip yang dianut sesepuh masyarakat di kampung ciherang yang bernama mang Sahidin.
Ia tidak bisa berbahasa indonesia hanya bisa menggunakan bahasa sehari – hari bahasa sunda, karena ia tidak melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi hanya sampai sekolah rakyat atau setingkat sekolah dasar. Namun itu menjadi semangat untuknya guna meraih keberhasilan.
Ia mengharapkan anak – anaknya untuk terus sekolah meski pun dengan biaya yang pas –pasan, dan alhamdulilah dengan  semangat nya itu anak – anaknya memperoleh kehidupan yang lebih baik darinya. Itulah yang menjadi satu kebanggaan dan juga penghargaan untuknya.

Kamis, 05 Juli 2012



PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI  DAN KOMUNIKASI
SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN
OLEH: SITI SAADAH
PROGRAM PASCA SARJANA STKIP GARUT

Penggunaan beragam produk teknologi informasi dan komunikasi. Siswa menggunakan perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk mencari, mengeksplorasi, menganalisis, dan saling tukar informasi secara efisien dan efektif. Dengan menggunakan komputer bukan lagi merupakan barang mewah, alat ini sudah digunakan di berbagai bidang pekerjaan seperti halnya pada bidang pendidikan. Pada awalnya komputer dimanfaatkan di sekolah sebagai penunjang kelancaran pekerjaan bidang administrasi dengan ... pembelajaran. Kutipan dari Kurikulum untuk Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Visi mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi yaitu agar siswa dapat dan terbiasa menggunakan perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi secara penggunaan beragam produk teknologi informasi dan komunikasi. Siswa menggunakan perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk mencari, mengeksplorasi, menganalisis, dan saling tukar informasi secara efisien dan efektif.

Saat ini komputer bukan lagi merupakan barang mewah, alat ini sudah digunakan di berbagai bidang pekerjaan seperti halnya pada bidang pendidikan. Pada awalnya komputer dimanfaatkan di sekolah sebagai penunjang kelancaran pekerjaan bidang administrasi dengan memanfaatkan software Microsoft word, excel dan access. Dengan masuknya materi Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam kurikulum baru, maka peranan komputer sebagai salah satu komponen utama dalam TIK mempunyai posisi yang sangat penting sebagai salah satu media pembelajaran. Kutipan dari Kurikulum untuk Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Visi mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi yaitu agar siswa dapat dan terbiasa menggunakan perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi secara tepat dan optimal untuk mendapatkan dan memproses informasi dalam kegiatan belajar, bekerja, dan aktifitas lainnya sehingga siswa mampu berkreasi, mengembangkan sikap imaginatif, mengembangkan kemampuan eksplorasi mandiri, dan mudah beradaptasi dengan perkembangan baru di lingkungannya · Melalui mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi diharapkan siswa dapat terlibat pada perubahan pesat dalam kehidupan yang mengalami penambahan dan perubahan dalam penggunaan beragam produk teknologi informasi dan komunikasi. Siswa menggunakan perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk mencari, mengeksplorasi, menganalisis, dan saling tukar informasi secara efisien dan efektif. Dengan menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi, siswa akan dengan cepat mendapatkan ide dan pengalaman