JAWABAN UTS
KODE 8
OLEH : SITI SAADAH
NIM : 11868024
STKIP GARUT ANGKATAN
VI
1.JELASKAN
SECARA TERPERINCI TENTANG TEKNOLOGI INFORMASI?
Pada awal sejarah,
manusia bertukar informasi melalui bahasa. Maka bahasa adalah teknologi, bahasa
memungkinkan seseorang memahami informasi yang disampaikan oleh orang lain
tetapi itu tidak bertahan secara lama karena Setelah ucapan itu selesai, maka
informasi yang berada di tangan si penerima itu akan dilupakan dan tidak bisa
disimpan lama. Selain itu jangkauan suara juga terbatas.
Setelah itu teknologi penyampaian informasi berkembang melalui gambar.
Dengan gambar jangkauan informasi bisa lebih jauh. Gambar ini bisa dibawa-bawa
dan disampaikan kepada orang lain. Selain itu informasi yang ada akan bertahan
lebih lama. Beberapa gambar peninggalan zaman purba masih ada sampai sekarang
sehingga manusia sekarang dapat (mencoba) memahami informasi yang ingin
disampaikan pembuatnya Teknologi
Informasi (TI), atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Information
technology (IT) adalah istilah umum yang menjelaskan teknologi apa
pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan
dan/atau menyebarkan informasi. TI menyatukan komputasi dan komunikasi
berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video. Contoh dari Teknologi
Informasi bukan hanya berupa komputer pribadi, tetapi juga telepon, TV,
peralatan rumah tangga elektronik, dan peranti genggam modern (misalnya
ponsel Pengolahan, penyimpanan dan
penyebaran vokal, informasi bergambar, teks dan numerik oleh mikroelektronika
berbasis kombinasi komputasi dan telekomunikasi Istilah dalam pengertian modern
pertama kali muncul dalam sebuah artikel 1958 yang diterbitkan dalam Harvard
Business Review, di mana penulis Leavitt dan Whisler berkomentar bahwa
"teknologi baru belum memiliki nama tunggal yang didirikan. Kita akan
menyebutnya teknologi informasi (TI). ". Beberapa bidang modern dan muncul
teknologi informasi adalah generasi berikutnya teknologi web, bioinformatika, ''Cloud
Computing, sistem informasi global, Skala besar basis pengetahuan dan
lain-lain.
2.JELASKAN SECARA
TERPERINCI TENTANG KOMPUTER?
Kata computer
secara umum pernah dipergunakan untuk mendefiniskan orang yang melakukan
perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa mesin pembantu. Menurut Barnhart
Concise Dictionary of Etymology, kata tersebut digunakan dalam bahasa
Inggris pada tahun 1646 sebagai kata untuk "orang yang menghitung"
kemudian menjelang 1897 juga digunakan sebagai "alat hitung mekanis".
Selama Perang Dunia II kata tersebut menunjuk kepada para pekerja wanita Amerika
Serikat dan Inggris yang pekerjaannya menghitung jalan artileri perang dengan
mesin hitung. Dalam arti seperti itu terdapat alat seperti slide rule,
jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua
komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti
luas seperti "komputer" adalah
yang mengolah informasi" atau "sistem pengolah informasi."
Selama bertahun-tahun sudah ada beberapa arti yang berbeda dalam kata
"komputer", dan beberapa kata yang berbeda tersebut sekarang disebut
disebut sebagai computer. Komputer adalah alat yang dipakai untuk
mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer
semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan
perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini
kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan
informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer
modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.
Computer adalah sebuah alat bantu untuk menyelesaikan permasalahan atau tugas
yang di butuhkan oleh para pekerja.[manusia]
3. JELASKAN SECARA
TERPERINCI TENTANG PIRANTI KOMPUTER?
Piranti sama dengan peranngkat computer. Perangkat keras komputer
adalah semua bagian fisik komputer, dan
dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya,
dan dibedakan dengan perangkat lunak
(software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan
tugasnya.
Batasan antara perangkat keras dan
perangkat lunak akan sedikit buram kalau kita berbicara mengenai firmware,
karena firmware ini adalah perangkat lunak yang "dibuat" ke
dalam perangkat keras. Firmware ini merupakan wilayah dari bidang ilmu komputer
dan teknik komputer, yang jarang dikenal oleh pengguna umum.
Komputer pada umumnya adalah komputer pribadi, (PC) dalam bentuk desktop atau menara kotak yang terdiri
dari bagian berikut:
- Papan sistem/papan induk yang merupakan tempat CPU, memori , slot vga, dan memiliki slot untuk kartu tambahan.
- RAM - tempat penyimpanan data sementara / jangka pendek,sehingga perangkat lunak yang kita jalankan akan tersimpan sementara, sehingga komputer tidak perlu selalu mengakses hard disk untuk mencari data. Jumlah RAM yang lebih besar akan membantu kecepatan PC
- Buses:
- ROM (Read Only Memory) di mana firmware diletakkan
- CPU (Central Processing Unit) sebagai otak dan bagian utama komputer
- Power supply - sebuah kotak yang menyalurkan daya ke papan induk transformer, kontrol voltase dan kipas
- Pengontrol penyimpanan, dari jenis IDE, SCSI atau SATA atau lainnya, yang mengontrol hard disk, Floppy disk, CD-ROM, DVD-ROM dan drive lainnya; kontroler ini terletak di papan induk (atas-papan) atau di kartu tambahan
- Pengontrol penampilan video yang memproduksi output untuk komputer display
- Pengontrol komputer bus (paralel, serial, USB, Firewire) untuk menyambung komputer dengan alat tambahan luar lainnya seperti printer atau scanner
- Beberapa jenis penyimpanan komputer:
- CD - tipe paling umum media yang dapat dilepas, murah tapi mudah rusak.
- DVD
- Floppy disk
- Penyimpanan dalam - menyimpan data dalam komputer untuk penggunaan jangka panjang.
- Hard disk - untuk penyimpanan data jangka panjang
- Disk array controller
- Kartu suara - menerjemahkan signal dari papan sistem ke bahasa yang dapat dimengerti oleh speaker, dan memiliki terminal untuk mencolok kabel suara speaker.
- Jaringan komputer - untuk menghubungkan komputer ke internet dan/atau komputer lainnya.
- Modem - media penyambung ke koneksi internet.
- Kartu network - untuk internet DSL/kabel, dan/atau menghubungkan ke komputer lain.
- Alat lainnya.
Sebagai tambahan, perangkat keras
dapat memasukan komponen luar lainnya. Di bawah ini merupakan komponen standar
atau yang umum digunakan.
- Input
- Output
- Jaringan/Networking
·
Perangkat
lunak adalah istilah umum untuk data yang diformat dan disimpan secara digital,
termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca
dan ditulis oleh komputer. Dengan kata lain, bagian sistem komputer
yang tidak berwujud. Istilah ini menonjolkan perbedaan dengan perangkat keras
komputer
Di bawah ini ada beberapa contoh
macam perangkat lunak, yaitu:
- Perangkat lunak aplikasi (application software) seperti pengolah kata, lembar tabel hitung, pemutar media, dan paket aplikasi perkantoran seperti OpenOffice.org.
- Sistem operasi (operating system) misalnya Ubuntu.
- Perkakas pengembangan perangkat lunak (software development tool) seperti Kompilator untuk bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti Pascal dan bahasa pemrograman tingkat rendah yaitu bahasa rakitan.
- Pengendali perangkat keras (device driver) yaitu penghubung antara perangkat perangkat keras pembantu dan komputer adalah software yang banyak dipakai di swalayan dan juga sekolah, yaitu penggunaan barcode scanner pada aplikasi database lainny]
- Perangkat lunak menetap (firmware) seperti yang dipasang dalam jam tangan digital dan pengendali jarak jauh.
- Perangkat lunak bebas (free 'libre' software) dan Perangkat lunak sumber terbuka (open source software)
- Perangkat lunak gratis (freeware)
- Perangkat lunak uji coba (shareware / 'trialware)
4. JELASKAN SECARA
TERPERINCI TENTANG PEMROGRAMAN?
·
Pemrograman adalah proses menulis,
menguji dan memperbaiki (debug), dan memelihara kode yang membangun
sebuah program komputer. Kode ini ditulis dalam berbagai bahasa pemrograman.
Tujuan dari pemrograman adalah untuk memuat suatu program yang dapat melakukan
suatu perhitungan atau 'pekerjaan' sesuai dengan keinginan si pemrogram
(programmer). Untuk dapat melakukan pemrograman, diperlukan keterampilan dalam algoritma,
logika, bahasa pemrograman, dan di banyak kasus, pengetahuan-pengetahuan lain
seperti matematika
·
Pemrograman adalah sebuah seni dalam menggunakan
satu atau lebih algoritma yang saling berhubungan dengan menggunakan sebuah bahasa
pemrograman tertentu sehingga menjadi sebuah program komputer. Bahasa
pemrograman yang berbeda mendukung gaya pemrograman yang berbeda pula. Gaya
pemrograman ini biasa disebut paradigma pemrograman.
Apakah memprogram perangkat lunak lebih merupakan seni, ilmu,
atau teknik telah lama diperdebatkan. Pemrogram yang baik biasanya
mengkombinasikan tiga hal tersebut, agar dapat menciptakan program yang
efisien, baik dari sisi waktu berjalan (run time), atau memory. Pemrograman dapat di klasifikasikan menjadi 3 bentuk,yaitu
:
- Pemrograman Terstruktur
Istilah Pemrograman Terstruktur
(Structured Programming) mengacu dari suatu kumpulan tehnik yang dikemukan oleh
Edsger Dijkstra. Dengan tehnik ini akan meningkatkan produktifitas programmer,
dengan mengurangi waktu yang dibutuhkan dalam penulisan (write), pengujian
(test), penelusuran kesalahan (debug) dan pemeliharan(maintain) suatu program.
2.Pemrograman
Prosedural
Algoritma
berisi urutan langkah-langkah penyelesaian masalah. Ini berarti Algoritma
adalah proses yang procedural. Pada pemrograman procedural, program dibedakan
antara bagian data dengan bagian instruksi. Bagian instruksi terdiri atas
runtutan (sequence) instruksi yang dilaksanakan satu per satu secara
berurutan oleh pemroses. Alur pelaksanaan instruksi dapat berubah karena adanya
pencabangan kondisional. Data yang disimpan di dalam memori dimanipulasi oleh
instrusi secara beruntun atau procedural. Paradigma pemrograman seperti ini dinamakan
pemrograman procedural.
Paradigma pemrograman prosedural didasari oleh konsep mesin Von Newmann, sekelompok tempat penyimpanan (memori), yang dibedakan menjadi memori instruksi dan memori data, masing-masing dapat diberi nama dan harga.Instruksi akan dieksekusi satu persatu secara sekuensial oleh sebuah pemroses tunggal. Beberapa instruksi menetukan instruksi berikutnya yang akan dieksekusi. Data diperiksa dan dimodifikasi secara sekuensial pula. Program dalam paradigma ini didasari pada strukturisasi informasi di dalam memori dan manipulasi dari informasi yang disimpan tersebut. Selain itu paradigma prosedural merupakan paradigma yang sangat intuitif sehingga mudah dipelajari. Pada pemrograman prosedural, setiap data mempunyai jenis. Jenis data menentukan bagaimana mengartikan nilai dari suatu data serta operasi apayang dapat dilakukan terhadap data tersebut.
Paradigma pemrograman prosedural didasari oleh konsep mesin Von Newmann, sekelompok tempat penyimpanan (memori), yang dibedakan menjadi memori instruksi dan memori data, masing-masing dapat diberi nama dan harga.Instruksi akan dieksekusi satu persatu secara sekuensial oleh sebuah pemroses tunggal. Beberapa instruksi menetukan instruksi berikutnya yang akan dieksekusi. Data diperiksa dan dimodifikasi secara sekuensial pula. Program dalam paradigma ini didasari pada strukturisasi informasi di dalam memori dan manipulasi dari informasi yang disimpan tersebut. Selain itu paradigma prosedural merupakan paradigma yang sangat intuitif sehingga mudah dipelajari. Pada pemrograman prosedural, setiap data mempunyai jenis. Jenis data menentukan bagaimana mengartikan nilai dari suatu data serta operasi apayang dapat dilakukan terhadap data tersebut.
2. Pemrograman berorientasi objek
merupakan metode yang relatif baru untuk melakukan perancangan atau rekayasa
perangkat lunak. Tujuan metode ini adalah untuk meningkatkan produktivitas
pemrogram dengan meningkatkan extensibiltas dan penggunaan kembali perangkat
lunak serta untuk mengontrol biaya dan kompleksitas perawatan perangkat lunak Kata
pemrograman dapat diartikan sebagai cara membuat program; dalam konteks ini
berarti membuat program komputer.
Dapat juga dikatakan bahwa pemrograman merupakan suatu
kumpulan urutan perintah ke komputer untuk mengerjakan sesuatu.
Perintah-perintah ini membutuhkan suatu bahasa tersendiri yang dapat dimengerti
oleh computer. Cara dan teknik pemrograman tersebut berjalan dan berkembang
seiring dengan perkembangan hardware komputer dan kebutuhan manusia. Pada
awalnya kebutuhan untuk perhitungan numerik digunakan bahasa FORTRAN, untuk
kebutuhan penggunaan di bidang bisnis digunakan bahasa COBOL, untuk kebutuhan
pengembangan kecerdasan buatan digunakan bahasa LISP dan PROLOG, untuk
kebutuhan pengembangan sistem; terutama Sistem Operasi komputer digunakan
bahasa C (bahkan sa
mpai sekarang bahasa C masih digunakan untuk pengembangan
Sistem Operasi, seperti UNIX). Pemrograman komputer merupakan suatu proses
iteratif penulisan dan penyuntingan kode sumber sehingga membentuk sebuah
program. Penyuntingan kode sumber meliputi proses pengetesan, analisis,
pembetulan kesalahan, pengoptimasian algoritma, normalisasi kode, dan
kadang-kadang pengkoordinasian antara satu programmer dengan programmer lainnya
jika sebuah program dikerjakan oleh beberapa orang dalam sebuah tim. Seorang
praktisi yang memiliki keahlian untuk melakukan penulisan kode dalam bahasa
pemrograman disebut sebagai programmer komputer atau program.
5. JELASKAN SECARA
TERPERINCI TENTANG MULTIMEDIA YANG BERKAITAN DENGAN PEMBELAJARAN?
Pada awalnya multimedia hanya mencakup media yang menjadi
konsumsi indra penglihatan (gambar diam, teks, gambar gerak video, dan gambar
gerak rekaan/animasi), dan konsumsi indra pendengaran (suara). Dalam
perkembangannya multimedia mencakup juga kinetik (gerak) dan bau yang merupakan
konsupsi indra penciuman. Multimedia mulai memasukkan unsur kinetik sejak
diaplikasikan pada pertunjukan film 3 dimensi yang digabungkan dengan gerakan
pada kursi tempat duduk penonton. Kinetik dan film 3 dimensi membangkitkan sense
realisti Multimedia dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan dan bisnis. Di dunia
pendidikan, multimedia digunakan sebagai media pengajaran, baik dalam kelas
maupun secara sendiri-sendiri. Di dunia bisnis, multimedia digunakan sebagai
media profil perusahaan, profil produk, bahkan sebagai media kios informasii
dan pelatihan dalam sistem e-learning.
'Multimedia adalah penggunaan komputer untuk
menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat
bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan
navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan
dalam dunia hiburan. Selain dari dunia hiburan, Multimedia juga diadopsi oleh
dunia game. peranan Multimedia dalam
pembelajaran Multimedia adalah suatu kombinasi dari berbagai medium, dimana
kombinasi tersebut dapat digunakan untuk tujuan pembelajaran (Latuheru, 1988:
81). Multimedia juga dapat diartikan sebagai gabungan dari teks, suara, gambar,
animasi dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna
dapat bernavigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. multimedia
Multimedia berasal dari kata ‘multi’ dan ‘media’. Multi berarti banyak, dan
media berarti tempat, sarana atau alat yang digunakan untuk menyimpan
informasi. Jadi berdasarkan kata, ‘multimedia’ dapat diasumsikan sebagai wadah
atau penyatuan beberapa media yang kemudian didefinisikan sebagai elemen-elemen
pembentukan multimedia. Elemen-elemen tersebut berupa : teks, gambar, suara,
animasi, dan video. Multimedia merupakan suatu konsep dan teknologi baru bidang
teknologi informasi, dimana informasi dalam bentuk teks, gambar, suara,
animasi, dan video disatukan dalam komputer untuk disimpan, diproses, dan
disajikan baik secara linier maupun interaktif. Menurut Arsyad (2003)
multimedia adalah berbagai macam kombinasi grafik, teks, audio, suara, dan
animasi. Penggabungan ini merupakan suatu kesatuan yang secara bersama-sama
menampilkan informasi, pesan, atau isi pembelajaran. Sedangkan Gayeski (1992)
mengartikan multimedia ialah suatu system hubungan komunikasi interaktif
melalui komputer yang mampu menciptakan, menyimpan, memindahkan, dan mencapai
kembali data dan maklumaat dalam bentuk teks, grafik, animasi, dan sistem
audio. Penyajian dengan menggabungkan seluruh elemen multimedia tersebut
menjadikan informasi dalam bentuk multimedia yang dapat diterima oleh indera
penglihatan dan pendengaran, lebih mendekati bentuk aslinya dalam dunia
sebenarnya. Multimedia interaktif adalah bila suatu aplikasi terdapat seluruh
elemen multimedia yang ada dan pemakai (user) diberi kebebasan / kemampuan
untuk mengontrol dan menghidupkan elemen-elemen tersebut. Peranan multimedia
dalam pembelajaran erat kaitannya sebagai alat untuk menyampaikan pesan
terhadap siswa, dengan penggabungan banyak unsur media. Dalam proses pembelajaran,
media memiliki fungsi sebagai pembawa informasi dari sumber (guru) menuju
penerima (siswa). Sedangkan metode adalah prosedur untuk membantu siswa dalam
menerima dan mengolah informasi guna mencapai tujuan pembelajaran
6. JELASKAN SECARA
TER PERINCI TENTANG INTERNET YANG
BEERKAITAN DENGAN PMBELAJARAN?
Sejarah adanya internet di Indonesia berawal pada tahun
1990-an ini terjadi karena terinspirasi oleh r
Adio amatir yang
termuat jaringan surat elektronik[e-mail]
Untuk mengakse
internet kita memerlukan beberapa perangkat tambahan di computer yaitu
berupa
1. Modem yaitu
sebuah alat yang akan memasukan informasi digital ke sinyal pembawa yang
sipatnya
Analogdan juga
mengambil informasi yang dikirim dari sinyal pembawa.dengan tujuan modem mem
Buat sinyal yang
dapat mudah dikirimkan dengan bagian pengirim dan dengan mudah di ubah menjadi
Sinyal digital lagi
di bagian penerima.komputer akan ter sambung
ke modem biasanya melalui kabel
jaringan bahkan sampai beberapa computer
2.wajan
bolice-goen dan rt/rw net
Internet
murah merupakan impian bangsa Indonesia
.tapi juga semua orang di dunia.indonesia
cukup beruntung da banyak terinspirasi oleh ahli IT yang bernama Gunadi
asal purwakarta yang menemukan antene wajanbolic e-goen.ini dapat di gunakan
untuk membangun sambungan internet
Yang berkecepatan 1mbps untuk jarak sekitar 3-4 km
3.Router adalah
sebuah computer yang mempunyai perangkat lunak dan perangkat keras yang khusus
untuk keperluan routing danpenyampaian paket di jaringan computer seperti internet.sering kali
Router jenis ini dibangun
menggunakan computer biasa menggunakan perangkat lunak open source banyak
diambil secara bebas di internet. Untuk memberikan sambungan di dalam kantor
4.Ethernet card ini di kenal
sebagai jaringan.adadlah sebuah hardware computer yang memungkinkan computer
untuk berkomunikasi melalui jaringan computer.
Berdasarkan kondisi saat ini, terlihat bagi kita bahwa teknologi inpormasi, khususnya internet
memiliki peranan yang sangat penting dalam setiap dimensi pendidikan.internet
memberikan kontribusi yang sangat besar didalam membantu setiap dimensi yang ada
untuk selalu mendapatkan informasi yang
up to date.jaringan internet merupakan salah satu jenis jaringan yang popular
di manpaatkan, karena internet merupakan teknologi inpormasi yang mampu
menghubungkan computer di seluruh dunia, sehingga memungkinkan inpormasi dari
ber bagai jenis dan bentuk informasi dapat dipakai secara bersama-sama.demikian
juga dalam dunia pendidikan,berkat adanya jaringan internet,maka dapat membantu
setiap penyedia jasa pendidikan untuk selalu mendapat informasi- informasi yang
terkini dan sesuai dengan kebutuhan.pemanpaatan
internwet pada saat ini belum merata .dan terbatas pada daerah perkotaan
yang sudah memiliki jaringan atau koneksi internet. Pada dasarnya internet
memberikan kemudahan bagi kita di dalam mengembangkan pendidikan dan
pengajaran. Kehadiran internet untuk saat ini sudah menjadi kebutuhan bagi
siapa saja ,tidak terbatas hanya pada prilaku bisnis, namun hal ini juga sdapat
menambah berbagai bidang ,terutama dunia pendidikan namun untuk menjadikan
internet basis pengajaran,kelemahan utamanya adalah ketersediaan sarana
prasarana pendukung seperti jaringan internt,ketersediaan computer ,dan berbagai sarana lainnya yang mesti
disediakan.perlu juga di dukubng oleh akses yang memadai. Intenet bukan pengganti sistem
pendidikan .kehadirannya internet ini lebih bersipat suplementer dan pelengkap
metode tetap di perlukan,hanya saja dapat
di modifikasi ke bentuk lain.Guna
mencapai pendidikan yang efektif,maka sudah semestinya setiap institusu mkan
perkembangan teknologi informasi.oleh karena itu ,sudah saatnya kita perlu
memikirkan pemanfaatan teknologi informasi internet dalam mengembangkan
kurikulum bahan ajar di setiap sekolah.
7. JELASKAN
TENTANG:
1. Software
open source. Software open source merupakan
perangkat lunak gratis. Gratis disini mempunyai makna luas dimana
software ini membebaskan source kodenya untuk dilihat oleh semua orang dan
membiarkan mereka mengetahui cara kerja software tersebut dan juga memperbaiki
kekurangan - kekurangan yang ada pada software tersebut. Software open source yang
terkenal diantaranya adalah linux, os ini bisa kita unduh dengan gratis, lalu
kita bisa menginstallnya pada komputer atau laptop kita. Banyak hal yang
menarik dalam software ini, baik dalam kelebihan maupun kekurangannya, maka
dari itu saya akan membahasnya di penulisan ini. Dalam penulisan ini saya akan
membahas tentang kegunaan dari software open source serta kelebihan dan
kekurangan software ini.
Banyak orang yang menganjurkan kita untuk memakai software open source dalam pembuatan aplikasi. Anjuran tersebut pasti mempunyai dasar alasan kenapa menganjurkan kita untuk memakai software tersebut dalam pembuatan aplikasi. Menurut saya salah satunya mungkin karena gratis dan mudah didapat. Dengan gratis semua orang bisa mengunduh software ini dengan semaunya tanpa membayar seperti software – software lainnya yang berbayar. Memang tidak semua software yang kita inginkan untuk membuat aplikasi bisa gratis kita dapatkan, namun setidaknya ada kemiripan atau jenis yang sama dengan software berbayar tersebut, jadi kita bisa mengunduhnya untuk membuat aplikasi yang kita inginkan.
Banyak orang yang menganjurkan kita untuk memakai software open source dalam pembuatan aplikasi. Anjuran tersebut pasti mempunyai dasar alasan kenapa menganjurkan kita untuk memakai software tersebut dalam pembuatan aplikasi. Menurut saya salah satunya mungkin karena gratis dan mudah didapat. Dengan gratis semua orang bisa mengunduh software ini dengan semaunya tanpa membayar seperti software – software lainnya yang berbayar. Memang tidak semua software yang kita inginkan untuk membuat aplikasi bisa gratis kita dapatkan, namun setidaknya ada kemiripan atau jenis yang sama dengan software berbayar tersebut, jadi kita bisa mengunduhnya untuk membuat aplikasi yang kita inginkan.
Setiap software pasti ada kelebihan
dan kekurangannya, itu wajar karena memang harus ada batasan atau cakupan
software setiap pembuatannya. Apa lagi yang kita bahas ini adalah software open
source, tentu banyak pro kontra diantara kelebihan dan kekurangannya. Saya akan
membahas keduanya menurut pandangan saya saja setelah membaca dan menggunakan
software open source. Dalam paragraf ini saya akan membahas kelebihannya saja,
kekurangannya saya akan tulis di paragraf selanjutnya. Kelebihannya sudah tentu
gratis, namun ada kelebihan lain yang perlu diangkat ditulisan saya ini.
Software ini bisa diperbaiki oleh semua orang yang mengunduhnya, jadi dikira
ada yang kurang dari software ini bisa diperbaiki oleh seseorang dan kemudian
diunggah lagi untuk diberitahu di internet dan dapat diunduh oleh semua orang.
Dengan demikian ada manfaat lain dari itu, ada banyak bermunculan developer –
developer handal dari penjuru dunia.
Keraguan
juga muncul dengan adanya software gratisan ini, banyak yang takut dengan
kualitasnya jika dipakai dalam pembuatan aplikasi. Wajar saja, karena setiap
orang boleh menilai buatan orang lain asal jangan mencela atau menghina.
Menurut saya juga demikian, ada kelebihan pasti ada kekurangannya. Kekurangan
dari software open source adalah sedikitnya software yang sesuai dengan
keinginan pengguna, hanya ada kemiripan saja dengan aslinya. Seperti software
untuk menggambar tentu berbeda kualitasnya dengan software berbayar, dari
toolbar maupun kualitasnya, saya akui software berbayar agak sedikit lebih
unggul namun bukan berarti software gratisan ini jelek. Ada sisi positif dengan
adanya software open source, setidaknya bisa menghilangkan pemakaian software
berbayar secara ilegal yang selama ini marak digunakan
2. software management data . Suatu
aplikasi dapat berkomunikasi melalui DBMS untuk mengakses basis data dan
kemudian membentuk laporan-laporan. Pemakai juga bisa berinteraksi secara
langsung dengan DBMS untuk mengakses basis data, baik untuk keperluan meminta
informasi ataupun untuk melakukan perubahan data. Interaksi secara langsung
dengan basis data memungkinkan pemakai untuk memperoleh informasi secara
langsung tanpa membutuhkan bantuan pemrogram
Keunggulan
:
- Mengendalikan dan mengurangi duplikasi data.
- Menjaga konsistensi dan integritas data.
- Memudahkan pengambilan informasi yang berbeda dari data yang sama disebabkan data dari berbagai bagian dalam organisasi dikumpulkan menjadi satu.
- Meningkatkan keamanan data dari orang yang tidak berwenang.
- Memaksakan penerapan standar.
- Dapat menghemat biaya karena data dapat dipakai oleh banyak departemen.
Kelemahannya:
- Kompleksitas yang tinggi membuat administrator dan pemakai akhir harus benar-benar memahami fungsi-fungsi dalam DBMS agar dapat diperoleh manfaat yang optimal. Kegagalan memahami DBMS dapat mengakibatkan keputusan rancangan yang salah, yang akan memberikan dampak serius bagi organisasi.
- Ukuran penyimpan yang dibutuhkan DBMS sangat besar dan memerlukan memori yang besar agar dapat bekerja secara efisien.
- Rata-rata harga DBMS yang handal sangat mahal.
- Terkadang DBMS meminta kebutuhan perangkat keras dengan spesifikasi tertentu sehingga diperlukan biaya tambahan.
- Biaya konversi sistem lama (yang mencakup biaya pelatihan staf dan biaya untuk jasa konversi) ke sistem baru yang memakai DBMS terkadang sangat mahal melebihi biaya untuk membeli DBMS.
- Kinerjanya terkadang kalah dengan sistem yang berbasis berkas. Hal ini karena DBMS ditulis supaya dapat menangani hal-hal yang bersifat umum.
Dampak
kegagalan menjadi lebih tinggi karena semua pemakai sangat bergantung pada
ketersediaan DBMS. Akibatnya kalau terjadi kegagalan dalam komponen lingkungan
DBMS akan membuat operasi dalam organisasi tersendat atau bahkan terhenti.
3. fire wall Times Kata firewall mengandung kata kunci wall yang berarti
dinding. Fungsi dinding adalah melindungi segala sesuatu di dalam dinding
tersebut. Nah firewall pun berfungsi
Jadi
firewall ini melindungi jaringan dan sekaligus melindungi komputer di dalam
jaringan tersebut. Akses yang dimaksud adalah akses remote dari komputer lain.
Seperti kita ketahui sistem operasi seperti windows dan unix memiliki kemampuan
jaringan yaitu menghubungkan dua atau lebih komputer untuk saling berkomunikasi
dan menggunakan sumber daya jaringan seperti printer, scanner dan alat-alat
lainnya termasuk koneksi internet
4. cpu ini adalah
otaknya computer adalah kotak berukuran besar yang dinamakan pc case atau
casing bentuknya beragam mulai dari
bentuk desktop,mini tower,hingga full tower,di dalamnya berisi beberapa bagian
diantaranya :
1. Mother board atau main board
berfungsi sebagai papan sirkuit utama tempat dimana berbagai komponen
elektronik terpasang di antaranya prosesor yang merupakan otak dari computer.
RAM [ Random Acess Memory] tempat penyimpanan sementara,serta kabel data dan
port yang saling berhubungan dengan hardware lainnya.
2. Harddisk merupakan sebagai fungsi
penyimpanan,baik berupa program,data atau file yang lainnya
3. Cd/dvd rom drive berfungsi untuk
membaca file,sedangkan untuk
menyimpan file yang kamu buat harus
menggunakan cd/dvd artinya bisa membaca, menulis data/menyimpan file.proses
penyimpanannya .di kenal dengan istilah burning atau pembakaran.
4. Floppy disk drive adalah alat yang
berguna untuk membaca dan menyimpan file ke dalam disket. Cara kerjanya sangt
mudah,kita hanya tinggal masukan data ke dalam floppy disksampai mengunci
sendiri di tandai dengan bunyi klik dan disket sudah siap digunakan.
Memory card atau kartu memory atau biasa kita
kenal dengan RAM berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara .mengpa
disebut random accses karena akses terhadap lokasi –lokasinya di dalamnya dapat
di lakukan secara acak [random],bukan secara berurutan [sekuensial].semakin
besar memorynya semakin cepat kerja komputernya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar