Rabu, 01 Agustus 2012

JAWABAN SOAL UTS KODE 8

   JAWABAN UTS  KODE 8
OLEH :  SITI SAADAH
NIM :  11868024
STKIP GARUT ANGKATAN VI
   1.JELASKAN SECARA TERPERINCI TENTANG TEKNOLOGI INFORMASI?
       Pada awal sejarah, manusia bertukar informasi melalui bahasa. Maka bahasa adalah teknologi, bahasa memungkinkan seseorang memahami informasi yang disampaikan oleh orang lain tetapi itu tidak bertahan secara lama karena Setelah ucapan itu selesai, maka informasi yang berada di tangan si penerima itu akan dilupakan dan tidak bisa disimpan lama. Selain itu jangkauan suara juga terbatas.
Setelah itu teknologi penyampaian informasi berkembang melalui gambar. Dengan gambar jangkauan informasi bisa lebih jauh. Gambar ini bisa dibawa-bawa dan disampaikan kepada orang lain. Selain itu informasi yang ada akan bertahan lebih lama. Beberapa gambar peninggalan zaman purba masih ada sampai sekarang sehingga manusia sekarang dapat (mencoba) memahami informasi yang ingin disampaikan pembuatnya  Teknologi Informasi (TI), atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Information technology (IT) adalah istilah umum yang menjelaskan teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. TI menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video. Contoh dari Teknologi Informasi bukan hanya berupa komputer pribadi, tetapi juga telepon, TV, peralatan rumah tangga elektronik, dan peranti genggam modern (misalnya ponsel  Pengolahan, penyimpanan dan penyebaran vokal, informasi bergambar, teks dan numerik oleh mikroelektronika berbasis kombinasi komputasi dan telekomunikasi Istilah dalam pengertian modern pertama kali muncul dalam sebuah artikel 1958 yang diterbitkan dalam Harvard Business Review, di mana penulis Leavitt dan Whisler berkomentar bahwa "teknologi baru belum memiliki nama tunggal yang didirikan. Kita akan menyebutnya teknologi informasi (TI). ". Beberapa bidang modern dan muncul teknologi informasi adalah generasi berikutnya teknologi web, bioinformatika, ''Cloud Computing, sistem informasi global, Skala besar basis pengetahuan dan lain-lain.
 2.JELASKAN SECARA TERPERINCI TENTANG KOMPUTER?
 Kata computer secara umum pernah dipergunakan untuk mendefiniskan orang yang melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa mesin pembantu. Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology, kata tersebut digunakan dalam bahasa Inggris pada tahun 1646 sebagai kata untuk "orang yang menghitung" kemudian menjelang 1897 juga digunakan sebagai "alat hitung mekanis". Selama Perang Dunia II kata tersebut menunjuk kepada para pekerja wanita Amerika Serikat dan Inggris yang pekerjaannya menghitung jalan artileri perang dengan mesin hitung. Dalam arti seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti "komputer" adalah
yang mengolah informasi" atau "sistem pengolah informasi." Selama bertahun-tahun sudah ada beberapa arti yang berbeda dalam kata "komputer", dan beberapa kata yang berbeda tersebut sekarang disebut disebut sebagai computer. Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika. Computer adalah sebuah alat bantu untuk menyelesaikan permasalahan atau tugas yang di butuhkan oleh para pekerja.[manusia]
  3. JELASKAN SECARA TERPERINCI TENTANG PIRANTI KOMPUTER?
Piranti sama dengan peranngkat computer. Perangkat keras komputer adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya.
Batasan antara perangkat keras dan perangkat lunak akan sedikit buram kalau kita berbicara mengenai firmware, karena firmware ini adalah perangkat lunak yang "dibuat" ke dalam perangkat keras. Firmware ini merupakan wilayah dari bidang ilmu komputer dan teknik komputer, yang jarang dikenal oleh pengguna umum.
Komputer pada umumnya adalah komputer pribadi, (PC) dalam bentuk desktop atau menara kotak yang terdiri dari bagian berikut:
Sebagai tambahan, perangkat keras dapat memasukan komponen luar lainnya. Di bawah ini merupakan komponen standar atau yang umum digunakan.
·         Perangkat lunak adalah istilah umum untuk data yang diformat dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh komputer. Dengan kata lain, bagian sistem komputer yang tidak berwujud. Istilah ini menonjolkan perbedaan dengan perangkat keras komputer
Di bawah ini ada beberapa contoh macam perangkat lunak, yaitu:
·         Perangkat lunak perusak
  4. JELASKAN SECARA TERPERINCI TENTANG PEMROGRAMAN?
·         Pemrograman adalah proses menulis, menguji dan memperbaiki (debug), dan memelihara kode yang membangun sebuah program komputer. Kode ini ditulis dalam berbagai bahasa pemrograman. Tujuan dari pemrograman adalah untuk memuat suatu program yang dapat melakukan suatu perhitungan atau 'pekerjaan' sesuai dengan keinginan si pemrogram (programmer). Untuk dapat melakukan pemrograman, diperlukan keterampilan dalam algoritma, logika, bahasa pemrograman, dan di banyak kasus, pengetahuan-pengetahuan lain seperti matematika
·         Pemrograman adalah sebuah seni dalam menggunakan satu atau lebih algoritma yang saling berhubungan dengan menggunakan sebuah bahasa pemrograman tertentu sehingga menjadi sebuah program komputer. Bahasa pemrograman yang berbeda mendukung gaya pemrograman yang berbeda pula. Gaya pemrograman ini biasa disebut paradigma pemrograman.
Apakah memprogram perangkat lunak lebih merupakan seni, ilmu, atau teknik telah lama diperdebatkan. Pemrogram yang baik biasanya mengkombinasikan tiga hal tersebut, agar dapat menciptakan program yang efisien, baik dari sisi waktu berjalan (run time), atau memory. Pemrograman dapat di klasifikasikan menjadi 3 bentuk,yaitu :
  1. Pemrograman Terstruktur
Istilah Pemrograman Terstruktur (Structured Programming) mengacu dari suatu kumpulan tehnik yang dikemukan oleh Edsger Dijkstra. Dengan tehnik ini akan meningkatkan produktifitas programmer, dengan mengurangi waktu yang dibutuhkan dalam penulisan (write), pengujian (test), penelusuran kesalahan (debug) dan pemeliharan(maintain) suatu program.
2.Pemrograman Prosedural
Algoritma berisi urutan langkah-langkah penyelesaian masalah. Ini berarti Algoritma adalah proses yang procedural. Pada pemrograman procedural, program dibedakan antara bagian data dengan bagian instruksi. Bagian instruksi terdiri atas runtutan (sequence) instruksi yang dilaksanakan satu per satu secara berurutan oleh pemroses. Alur pelaksanaan instruksi dapat berubah karena adanya pencabangan kondisional. Data yang disimpan di dalam memori dimanipulasi oleh instrusi secara beruntun atau procedural. Paradigma pemrograman seperti ini dinamakan pemrograman procedural.
Paradigma pemrograman prosedural didasari oleh konsep mesin Von Newmann, sekelompok tempat penyimpanan (memori), yang dibedakan menjadi memori instruksi dan memori data, masing-masing dapat diberi nama dan harga.Instruksi akan dieksekusi satu persatu secara sekuensial oleh sebuah pemroses tunggal. Beberapa instruksi menetukan instruksi berikutnya yang akan dieksekusi. Data diperiksa dan dimodifikasi secara sekuensial pula. Program dalam paradigma ini didasari pada strukturisasi informasi di dalam memori dan manipulasi dari informasi yang disimpan tersebut. Selain itu paradigma prosedural merupakan paradigma yang sangat intuitif sehingga mudah dipelajari. Pada pemrograman prosedural, setiap data mempunyai jenis. Jenis data menentukan bagaimana mengartikan nilai dari suatu data serta operasi apayang dapat dilakukan terhadap data tersebut.
2.       Pemrograman berorientasi objek merupakan metode yang relatif baru untuk melakukan perancangan atau rekayasa perangkat lunak. Tujuan metode ini adalah untuk meningkatkan produktivitas pemrogram dengan meningkatkan extensibiltas dan penggunaan kembali perangkat lunak serta untuk mengontrol biaya dan kompleksitas perawatan perangkat lunak Kata pemrograman dapat diartikan sebagai cara membuat program; dalam konteks ini berarti membuat program komputer.
Dapat juga dikatakan bahwa pemrograman merupakan suatu kumpulan urutan perintah ke komputer untuk mengerjakan sesuatu. Perintah-perintah ini membutuhkan suatu bahasa tersendiri yang dapat dimengerti oleh computer. Cara dan teknik pemrograman tersebut berjalan dan berkembang seiring dengan perkembangan hardware komputer dan kebutuhan manusia. Pada awalnya kebutuhan untuk perhitungan numerik digunakan bahasa FORTRAN, untuk kebutuhan penggunaan di bidang bisnis digunakan bahasa COBOL, untuk kebutuhan pengembangan kecerdasan buatan digunakan bahasa LISP dan PROLOG, untuk kebutuhan pengembangan sistem; terutama Sistem Operasi komputer digunakan bahasa C (bahkan sa
mpai sekarang bahasa C masih digunakan untuk pengembangan Sistem Operasi, seperti UNIX). Pemrograman komputer merupakan suatu proses iteratif penulisan dan penyuntingan kode sumber sehingga membentuk sebuah program. Penyuntingan kode sumber meliputi proses pengetesan, analisis, pembetulan kesalahan, pengoptimasian algoritma, normalisasi kode, dan kadang-kadang pengkoordinasian antara satu programmer dengan programmer lainnya jika sebuah program dikerjakan oleh beberapa orang dalam sebuah tim. Seorang praktisi yang memiliki keahlian untuk melakukan penulisan kode dalam bahasa pemrograman disebut sebagai programmer komputer atau program.

  5. JELASKAN SECARA TERPERINCI TENTANG MULTIMEDIA YANG BERKAITAN DENGAN PEMBELAJARAN?
Pada awalnya multimedia hanya mencakup media yang menjadi konsumsi indra penglihatan (gambar diam, teks, gambar gerak video, dan gambar gerak rekaan/animasi), dan konsumsi indra pendengaran (suara). Dalam perkembangannya multimedia mencakup juga kinetik (gerak) dan bau yang merupakan konsupsi indra penciuman. Multimedia mulai memasukkan unsur kinetik sejak diaplikasikan pada pertunjukan film 3 dimensi yang digabungkan dengan gerakan pada kursi tempat duduk penonton. Kinetik dan film 3 dimensi membangkitkan sense realisti Multimedia dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan dan bisnis. Di dunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai media pengajaran, baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri. Di dunia bisnis, multimedia digunakan sebagai media profil perusahaan, profil produk, bahkan sebagai media kios informasii dan pelatihan dalam sistem e-learning.
'Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan. Selain dari dunia hiburan, Multimedia juga diadopsi oleh dunia game. peranan Multimedia dalam pembelajaran Multimedia adalah suatu kombinasi dari berbagai medium, dimana kombinasi tersebut dapat digunakan untuk tujuan pembelajaran (Latuheru, 1988: 81). Multimedia juga dapat diartikan sebagai gabungan dari teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat bernavigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. multimedia Multimedia berasal dari kata ‘multi’ dan ‘media’. Multi berarti banyak, dan media berarti tempat, sarana atau alat yang digunakan untuk menyimpan informasi. Jadi berdasarkan kata, ‘multimedia’ dapat diasumsikan sebagai wadah atau penyatuan beberapa media yang kemudian didefinisikan sebagai elemen-elemen pembentukan multimedia. Elemen-elemen tersebut berupa : teks, gambar, suara, animasi, dan video. Multimedia merupakan suatu konsep dan teknologi baru bidang teknologi informasi, dimana informasi dalam bentuk teks, gambar, suara, animasi, dan video disatukan dalam komputer untuk disimpan, diproses, dan disajikan baik secara linier maupun interaktif. Menurut Arsyad (2003) multimedia adalah berbagai macam kombinasi grafik, teks, audio, suara, dan animasi. Penggabungan ini merupakan suatu kesatuan yang secara bersama-sama menampilkan informasi, pesan, atau isi pembelajaran. Sedangkan Gayeski (1992) mengartikan multimedia ialah suatu system hubungan komunikasi interaktif melalui komputer yang mampu menciptakan, menyimpan, memindahkan, dan mencapai kembali data dan maklumaat dalam bentuk teks, grafik, animasi, dan sistem audio. Penyajian dengan menggabungkan seluruh elemen multimedia tersebut menjadikan informasi dalam bentuk multimedia yang dapat diterima oleh indera penglihatan dan pendengaran, lebih mendekati bentuk aslinya dalam dunia sebenarnya. Multimedia interaktif adalah bila suatu aplikasi terdapat seluruh elemen multimedia yang ada dan pemakai (user) diberi kebebasan / kemampuan untuk mengontrol dan menghidupkan elemen-elemen tersebut. Peranan multimedia dalam pembelajaran erat kaitannya sebagai alat untuk menyampaikan pesan terhadap siswa, dengan penggabungan banyak unsur media. Dalam proses pembelajaran, media memiliki fungsi sebagai pembawa informasi dari sumber (guru) menuju penerima (siswa). Sedangkan metode adalah prosedur untuk membantu siswa dalam menerima dan mengolah informasi guna mencapai tujuan pembelajaran
 6. JELASKAN SECARA TER PERINCI  TENTANG INTERNET YANG BEERKAITAN DENGAN  PMBELAJARAN?
Sejarah adanya internet di Indonesia berawal pada tahun 1990-an ini terjadi karena terinspirasi oleh r
     Adio amatir yang termuat jaringan surat elektronik[e-mail]
    Untuk mengakse internet kita memerlukan beberapa perangkat tambahan di computer yaitu berupa  
     1. Modem yaitu sebuah alat yang akan memasukan informasi digital ke sinyal pembawa yang sipatnya
    Analogdan juga mengambil informasi yang dikirim dari sinyal pembawa.dengan tujuan modem mem
    Buat sinyal yang dapat mudah dikirimkan dengan bagian pengirim dan dengan mudah di ubah menjadi
   Sinyal digital lagi di bagian penerima.komputer akan ter sambung  ke modem biasanya  melalui kabel jaringan bahkan sampai beberapa computer
     2.wajan bolice-goen dan rt/rw net
       Internet murah  merupakan impian bangsa Indonesia .tapi juga semua orang di dunia.indonesia  cukup beruntung da banyak terinspirasi oleh ahli IT yang bernama Gunadi asal purwakarta yang menemukan antene wajanbolic e-goen.ini dapat di gunakan untuk membangun sambungan internet
Yang berkecepatan 1mbps untuk jarak sekitar 3-4 km
       3.Router adalah sebuah computer yang mempunyai perangkat lunak dan perangkat keras yang khusus untuk keperluan routing danpenyampaian paket di jaringan computer seperti  internet.sering kali
Router jenis ini dibangun menggunakan computer biasa menggunakan perangkat lunak open source banyak diambil secara bebas di internet. Untuk memberikan  sambungan di dalam kantor
4.Ethernet card ini di kenal sebagai jaringan.adadlah sebuah hardware computer yang memungkinkan computer untuk berkomunikasi melalui jaringan computer.
Berdasarkan kondisi saat ini, terlihat bagi kita  bahwa teknologi inpormasi, khususnya internet memiliki peranan yang sangat penting dalam setiap dimensi pendidikan.internet memberikan kontribusi yang sangat besar didalam membantu setiap dimensi yang ada untuk selalu  mendapatkan informasi yang up to date.jaringan internet merupakan salah satu jenis jaringan yang popular di manpaatkan, karena internet merupakan teknologi inpormasi yang mampu menghubungkan computer di seluruh dunia, sehingga memungkinkan inpormasi dari ber bagai jenis dan bentuk informasi dapat dipakai secara bersama-sama.demikian juga dalam dunia pendidikan,berkat adanya jaringan internet,maka dapat membantu setiap penyedia jasa pendidikan untuk selalu mendapat informasi- informasi yang terkini dan sesuai dengan kebutuhan.pemanpaatan  internwet pada saat ini belum merata .dan terbatas pada daerah perkotaan yang sudah memiliki jaringan atau koneksi internet. Pada dasarnya internet memberikan kemudahan bagi kita di dalam mengembangkan pendidikan dan pengajaran. Kehadiran internet untuk saat ini sudah menjadi kebutuhan bagi siapa saja ,tidak terbatas hanya pada prilaku bisnis, namun hal ini juga sdapat menambah berbagai bidang ,terutama dunia pendidikan namun untuk menjadikan internet basis pengajaran,kelemahan utamanya adalah ketersediaan sarana prasarana pendukung seperti jaringan internt,ketersediaan computer ,dan  berbagai sarana lainnya yang mesti disediakan.perlu juga di dukubng oleh akses yang  memadai. Intenet bukan pengganti sistem pendidikan .kehadirannya internet ini lebih bersipat suplementer dan pelengkap metode tetap di perlukan,hanya saja dapat  di modifikasi  ke bentuk lain.Guna mencapai pendidikan yang efektif,maka sudah semestinya setiap institusu mkan perkembangan teknologi informasi.oleh karena itu ,sudah saatnya kita perlu memikirkan  pemanfaatan teknologi  informasi internet dalam mengembangkan kurikulum bahan ajar di setiap sekolah.
   7. JELASKAN TENTANG:
       1. Software open source. Software open source merupakan perangkat lunak  gratis. Gratis disini mempunyai makna luas dimana software ini membebaskan source kodenya untuk dilihat oleh semua orang dan membiarkan mereka mengetahui cara kerja software tersebut dan juga memperbaiki kekurangan - kekurangan yang ada pada software tersebut. Software open source yang terkenal diantaranya adalah linux, os ini bisa kita unduh dengan gratis, lalu kita bisa menginstallnya pada komputer atau laptop kita. Banyak hal yang menarik dalam software ini, baik dalam kelebihan maupun kekurangannya, maka dari itu saya akan membahasnya di penulisan ini. Dalam penulisan ini saya akan membahas tentang kegunaan dari  software open source serta kelebihan dan kekurangan software ini.

Banyak orang yang menganjurkan kita untuk memakai software open source dalam pembuatan aplikasi. Anjuran tersebut pasti mempunyai dasar alasan kenapa menganjurkan kita untuk memakai software tersebut dalam pembuatan aplikasi. Menurut saya salah satunya mungkin karena gratis dan mudah didapat. Dengan gratis semua orang bisa mengunduh software ini dengan semaunya tanpa membayar seperti software – software lainnya yang berbayar. Memang tidak semua software yang kita inginkan untuk membuat aplikasi bisa gratis kita dapatkan, namun setidaknya ada kemiripan atau jenis yang sama dengan software berbayar tersebut, jadi kita bisa mengunduhnya untuk membuat aplikasi yang kita inginkan.

Setiap software pasti ada kelebihan dan kekurangannya, itu wajar karena memang harus ada batasan atau cakupan software setiap pembuatannya. Apa lagi yang kita bahas ini adalah software open source, tentu banyak pro kontra diantara kelebihan dan kekurangannya. Saya akan membahas keduanya menurut pandangan saya saja setelah membaca dan menggunakan software open source. Dalam paragraf ini saya akan membahas kelebihannya saja, kekurangannya saya akan tulis di paragraf selanjutnya. Kelebihannya sudah tentu gratis, namun ada kelebihan lain yang perlu diangkat ditulisan saya ini. Software ini bisa diperbaiki oleh semua orang yang mengunduhnya, jadi dikira ada yang kurang dari software ini bisa diperbaiki oleh seseorang dan kemudian diunggah lagi untuk diberitahu di internet dan dapat diunduh oleh semua orang. Dengan demikian ada manfaat lain dari itu, ada banyak bermunculan developer – developer handal dari penjuru dunia.

Keraguan juga muncul dengan adanya software gratisan ini, banyak yang takut dengan kualitasnya jika dipakai dalam pembuatan aplikasi. Wajar saja, karena setiap orang boleh menilai buatan orang lain asal jangan mencela atau menghina. Menurut saya juga demikian, ada kelebihan pasti ada kekurangannya. Kekurangan dari software open source adalah sedikitnya software yang sesuai dengan keinginan pengguna, hanya ada kemiripan saja dengan aslinya. Seperti software untuk menggambar tentu berbeda kualitasnya dengan software berbayar, dari toolbar maupun kualitasnya, saya akui software berbayar agak sedikit lebih unggul namun bukan berarti software gratisan ini jelek. Ada sisi positif dengan adanya software open source, setidaknya bisa menghilangkan pemakaian software berbayar secara ilegal yang selama ini marak digunakan
    2. software management data . Suatu aplikasi dapat berkomunikasi melalui DBMS untuk mengakses basis data dan kemudian membentuk laporan-laporan. Pemakai juga bisa berinteraksi secara langsung dengan DBMS untuk mengakses basis data, baik untuk keperluan meminta informasi ataupun untuk melakukan perubahan data. Interaksi secara langsung dengan basis data memungkinkan pemakai untuk memperoleh informasi secara langsung tanpa membutuhkan bantuan pemrogram
Keunggulan  :
  • Mengendalikan dan mengurangi duplikasi data.
  • Menjaga konsistensi dan integritas data.
  • Memudahkan pengambilan informasi yang berbeda dari data yang sama disebabkan data dari berbagai bagian dalam organisasi dikumpulkan menjadi satu.
  • Meningkatkan keamanan data dari orang yang tidak berwenang.
  • Memaksakan penerapan standar.
  • Dapat menghemat biaya karena data dapat dipakai oleh banyak departemen.
Kelemahannya:
  • Kompleksitas yang tinggi membuat administrator dan pemakai akhir harus benar-benar memahami fungsi-fungsi dalam DBMS agar dapat diperoleh manfaat yang optimal. Kegagalan memahami DBMS dapat mengakibatkan keputusan rancangan yang salah, yang akan memberikan dampak serius bagi organisasi.
  • Ukuran penyimpan yang dibutuhkan DBMS sangat besar dan memerlukan memori yang besar agar dapat bekerja secara efisien.
  • Rata-rata harga DBMS yang handal sangat mahal.
  • Terkadang DBMS meminta kebutuhan perangkat keras dengan spesifikasi tertentu sehingga diperlukan biaya tambahan.
  • Biaya konversi sistem lama (yang mencakup biaya pelatihan staf dan biaya untuk jasa konversi) ke sistem baru yang memakai DBMS terkadang sangat mahal melebihi biaya untuk membeli DBMS.
  • Kinerjanya terkadang kalah dengan sistem yang berbasis berkas. Hal ini karena DBMS ditulis supaya dapat menangani hal-hal yang bersifat umum.
Dampak kegagalan menjadi lebih tinggi karena semua pemakai sangat bergantung pada ketersediaan DBMS. Akibatnya kalau terjadi kegagalan dalam komponen lingkungan DBMS akan membuat operasi dalam organisasi tersendat atau bahkan terhenti.
      3. fire wall Times Kata firewall mengandung kata kunci wall yang berarti dinding. Fungsi dinding adalah melindungi segala sesuatu di dalam dinding tersebut. Nah firewall pun berfungsi
Jadi firewall ini melindungi jaringan dan sekaligus melindungi komputer di dalam jaringan tersebut. Akses yang dimaksud adalah akses remote dari komputer lain. Seperti kita ketahui sistem operasi seperti windows dan unix memiliki kemampuan jaringan yaitu menghubungkan dua atau lebih komputer untuk saling berkomunikasi dan menggunakan sumber daya jaringan seperti printer, scanner dan alat-alat lainnya termasuk koneksi internet
4. cpu  ini adalah otaknya computer adalah kotak berukuran besar yang dinamakan pc case atau casing  bentuknya beragam mulai dari bentuk desktop,mini tower,hingga full tower,di dalamnya berisi beberapa bagian diantaranya :
1.      Mother board atau main board berfungsi sebagai papan sirkuit utama tempat dimana berbagai komponen elektronik terpasang di antaranya prosesor yang merupakan otak dari computer. RAM [ Random Acess Memory] tempat penyimpanan sementara,serta kabel data dan port yang saling berhubungan dengan hardware lainnya.
2.      Harddisk merupakan sebagai fungsi penyimpanan,baik berupa program,data atau file yang lainnya
3.      Cd/dvd rom drive berfungsi untuk membaca file,sedangkan  untuk menyimpan  file yang kamu buat harus menggunakan cd/dvd artinya bisa membaca, menulis data/menyimpan file.proses penyimpanannya .di kenal dengan istilah burning atau pembakaran.
4.      Floppy disk drive adalah alat yang berguna untuk membaca dan menyimpan file ke dalam disket. Cara kerjanya sangt mudah,kita hanya tinggal masukan data ke dalam floppy disksampai mengunci sendiri di tandai dengan bunyi klik dan disket sudah siap digunakan.
Memory card atau kartu memory atau biasa kita kenal dengan RAM berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara .mengpa disebut random accses karena akses terhadap lokasi –lokasinya di dalamnya dapat di lakukan secara acak [random],bukan secara berurutan [sekuensial].semakin besar memorynya semakin cepat kerja komputernya

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar