TUGAS KE 11
OLEH
SITI SAADAH
NIM : 11868024
PASCA SARJANA STKIP GARUT
Multimedia
terbagi menjadi dua kategori, yaitu: multimedia linier dan multimedia
interaktif. Multimedia linier adalah suatu multimedia yang tidak dilengkapi
dengan alat pengontrol apapun yang dapat dioperasikan oleh pengguna. Multimedia
ini berjalan sekuensial (berurutan), contohnya: TV dan film. Multimedia
interaktif adalah suatu multimedia yang dilengkapi dengan alat pengontrol yang
dapat dioperasikan oleh pengguna, sehingga pengguna dapat memilih apa yang
dikehendaki untuk proses selanjutnya. Contoh multimedia interaktif adalah
pembelajaran interaktif, aplikasi game, dan lain-lain
Apabila multimedia pembelajaran
dipilih, dikembangkan dan digunakan secara tepat dan baik, akan memberi manfaat
yang sangat besar bagi para guru / fasilitator dan peserta. Secara umum manfaat
yang dapat diperoleh adalah proses pembelajaran lebih menarik, lebih
interaktif, jumlah waktu mengajar dapat dikurangi, kualitas belajar peserta
dapat ditingkatkan dan proses pembelajaran dapat dilakukan dimana saja dan
kapan saja, serta sikap belajar peserta dapat ditingkatkan. Manfaat diatas akan
diperoleh mengingat terdapat keunggulan dari sebuah multimedia pembelajaran,
yaitu:
- Memperbesar benda yang sangat kecil dan tidak tampak oleh mata, seperti kuman, bakteri, elektron dan lain-lain
- Memperkecil benda yang sangat besar yang tidak mungkin dihadirkan di ruangan, seperti gajah, rumah, gunung, dan lain-lain
- Menyajikan benda atau peristiwa yang kompleks, rumit dan berlangsung cepat atau lambat, seperti sistem tubuh manusia, bekerjanya suatu mesin, beredarnya planet Mars, berkembangnya bunga dan lain-lain
- Menyajikan benda atau peristiwa yang jauh, seperti bulan, bintang, salju, dan lain-lain
- Menyajikan benda atau peristiwa yang berbahaya, seperti letusan gunung berapi, harimau, racun, dan lain-lain
- Meningkatkan daya tarik dan perhatian peserta pelatihan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar